Rabu, 23 Agustus 2017

5 Jalur Kereta Api Paling Berbahaya Di Dunia, Salah Satunya Di Indonesia

(foto: flickr.com)

Kereta api bisa disebut sebagai transportasi umum anti-macet karena memang jalur rel kereta api hanya dilalui satu kereta yang sedang beroperasi. Meskipun demikian, bukan berarti jalur rel kereta api bisa terbebas dari medan-medan ekstrim.

Di dunia ini ada beberapa jalur rel kereta api yang terbilang sangat ekstrim dan berbahaya karena memang jalurnya tersebut melintasi medan-medan yang sangat berisiko untuk dilalui. Ada yang melintasi lautan, ada yang melintasi tebing curam, dan bahkan ada yang melintasi gunung berapi aktif.

Berikut seperti dikutip Wow Menariknya dari Wonderlist, lima jalur kereta api paling berbahaya di dunia, di mana salah satunya ada di Indonesia. Langsung saja simak ulasannya berikut ini.

1. Jalur Kereta Api Argo-Gede, Indonesia.

(foto: wonderlist.com)

Dengan jurusan Bandung (BD)-Jakarta (GMR) dan sebaliknya, kereta api kelas eksekutif argo ini telah resmi dioperasikan PT. Kereta Api Indonesia (Persero) di Pulau Jawa pada tahun 1995 hingga akhirnya pada tahun 2010 silam kereta api Argo Gede ini resmi ditutup.

Rel kereta api yang terletak di Indonesia ini merupakan jalur yang terbilang sangat ekstrim, pasalnya kereta api Argo Gede ini melintasi jembatan Cikurutug yang sangat tinggi dan jalurnya yang berkelak-kelok.

2. Jalur Kereta Api Aso minami, Jepang.

(foto: wonderlist.com)

Percaya atau tidak, rel kereta api Aso Minami ini melewati wilayah gunung berapi paling aktif di Jepang. Meskipun sistem otoritasnya dibilang cukup bagus, namun hal tersebut tak bisa mempredikisi akan adanya letusan vulkanik saat melintas. Sehingga, usut punya usut kereta api ini lebih memilih melintasinya pada awal November ketika hutannya berhasil dibakar oleh aktivitas magma panas dari gunung berapi Aso.

3. Jalur kereta api The Devil's Nose, Ekuador.

(foto: wonderlist.com)

Jalur kereta Nariz Del Diablo di Ekuador ini disebut-sebut sebagai The Devil's Nose, karena jalurnya yang terbilang sangat curam dan terletak di ketinggian yang sangat tinggi yaitu  9000 kaki di atas bukit. Hingga membuat rel kereta api ini masuk dalam daftar sebagai salah satu rel kereta api paling berbahaya di dunia.

4. Rel Kuranda Scenic, Australia

(foto: wonderlist.com)

Rel Kuranda Scenic ini dibangun sekitar 120 tahun yang lalu, menawarkan perjalanan melewati hutan-hutan, tebing serta sungai yang kebetulan merupakan bagian dari Taman Nasional Barron Gorge. Bila kereta melaju, cipratan air terjun yang sangat dekat dengan rel itu kerap membasahi badan kereta api, hal ini juga sekaligus menjadi salah satu destinasi wisata bagi para lenumpang. Kereta api inj beroperasi dari dermaga di Australia menuju Kuranda.

5. Jembatan Rel Kereta Api Pamdan, India

(foto: wonderlist.com)

Jembatan Rel Kereta Api Pamdan yang dibangun pada tahun 1914 ini dibangun di atas sebuah jembatan air kantilever tingkat rendah yang menghubungkan India Selatan ke pulau Rameswaram bagian dari negara Chennai. Rute ini berada di jembatan Pramban yang menghubungkan pula Pramban dan Pulau Rameswaram. Karena berada di tengah laut, jalur kereta ini juga punya titik-titik fleksibel yang bisa diangkat ketika kereta melintas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar