Rabu, 23 Agustus 2017

Benarkah Tusuk Gigi Berbahaya Bagi Kesehatan Mulut?

Ilustrasi (foto: laboratoryequipment.com)

Tusuk gigi menjadi item wajib yang dimiliki untuk mencongkel sisa makanan yang tersangkut di sela-sela gigi. Namun siapa sangka benda kecil dengan ujung runcing ini dianggap berbahaya bagi kesehatan mulut.

Di balik fungsinya yang mampu mencongkel sisa makanan, ternyata ada bahaya yang mengintai dari penggunaan tusuk gigi, apalagi jika digunakan terlalu sering.

Bentuk tusuk gigi yang tidak sesuai dengan anatomi gigi membuatnya menjadi risiko akan kesehatan mulut dan gigi. Menggunakan tusuk gigi secara terus menerus mampu menghasilkan celah di antara gigi semakin melebar.

Selain membuat celah melebar dan membuatnya tak terlihat cantik, tusuk gigi juga bisa membuat gusi menurun dan menyebabkan sisa makanan dengan mudah tersangkut di sela-sela tersebut.

Celah yang semakin lebar antara gigi akan membuat gigi terasa ngilu. Lebih parahnya gusi akan membesar atau dikenal dengan epulis fibromatousa dalam istilah medis. Ciri-ciri dari kelainan gusi ini adalah adanya benjolan lunak berwarna pucat, tidak berdarah dan tidak sakit.

Pembesaran gusi atau epulis fibromatousa ini bisa diatasi dengan pemotongan dan kuret pada gusi. Tapi pembesaran tersebut bisa saja kambuh apabila penggunaan tusuk gigi tak dihentikan. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar