Jumat, 11 Agustus 2017

Studi: Wabah Jomblo Lebih Mematikan Daripada Obesitas

Ilustrasi jomblo (foto: lifehack.org)

Lebih dari 30.000 orang meninggal setiap tahunnya karena penyakit obesitas atau kelebihan berat badan. Pakar kesehatan menyarankan untuk rajin berolahraga dan mengatur pola makanan agar tidak menderita obesitas.

Namun menurut sebuah penelitian terbaru, menjadi single alias jomblo ternyata bisa lebih mematikan daripada obesitas. Pasalnya yang wabah jomblo bisa menyebabkan kematian karena patah hati.

Peneliti menemukan bahwa isolasi sosial bisa meningkatkan risiko kematian seseorang hingga 50%, sementara obesitas hanya bisa meningkatkan risiko kematian sampai 30% saja, demikian seperti dikutip Virall4real.com (12/8/2017).

"Terhubung dengan orang lain secara sosial dianggap sebagai kebutuhan manusia yang mendasar, penting bagi kesejahteraan dan kelangsungan hidup," kata Dr. Julianne Holt-Lunstad, penulis penelitian dan profesor psikologi di Brifgham Young University.

Menurutnya, kesepian sangat tidak menyenangkan dan bisa mematikan. Lalu apa yang menyebabkan seseorang bisa merasa kesepian?

Seseorang bisa kesepian dikarenakan mereka menutup dirinya sendiri karena terlalu sibuk mencari kekayaan dan sibuk mengulik gaya hidupnya sendiri.

"Ada banyak bukti kuat bahwa isolasi sosial dan kesepian dapat meningkatkan risiko kematian dini secara signifikan," tambah Dr. Julianne.

Nah menurut penelitian sih memang kesepian yang jadi faktor masalah, biasanya yang jomblo cenderung kesepian. Tapi kalau yang jomblonya pandai bergaul dan sering bersosialisasi dengan orang lain, maka hal itu tidak akan berdampak buruk kok.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar