Sabtu, 19 Agustus 2017

Ternyata Ini Penyebab Gigitan Nyamuk Menjadi Bentol

Ilustrasi (foto: scienceabc.com)

Pada saat bangun di pagi hari mungkin sebagian orang akan menemukan beberapa bentol berwana merah pada kulitnya yang seringkali disebabkan oleh gigitan nyamuk selama tertidur.

Gigitan nyamuk yang meninggalkan bekas bentol tersebut seringkali sangat mengganggu penampilan diri kita. Tak jarang kita temukan pada pipi, jidat, atau bagian tubuh lain yang sering terlihat. Karena nyamuk bebas mengigit bagian tubuh kita dimana saja.

Kira-kira mengapa gigitan nyamuk meninggalkan bentol pada kulit kita? Menurut Dr. Eddy Karta, SpKK kondisi tersebut bisa jadi karena faktor sensitivitas pada kulit kita atau dalam dunia medis disebut dengan insect bite sensitivity.

Bentol yang ditinggalkan karena gigitan nyamuk tak jarang menyebabkan rasa gatal pula. Namun, sebaiknya jangan sampai digaruk karena hal ini dapat membuat reaksi radang dan rasa gatal akan semakin bertambah juga membuat bentol tersebut akan berubah warna menjadi hitam.

Jika ini sudah terjadi akan semakin sulit bekas gigitan nyamuk menghilang. "Hal ini sebenarnya tidak berbahaya, namun tentu cukup mengganggu karena bekas gigitan nyamuk yang lama menghilang" ujar Dr. Eddy, seperti dilansir detikHealth.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar